Manfaat Buah Kersen Untuk Kesehatan

31 Oct 2015

 

Kersen atau talok (Muntingia calabura L.) adalah sejenis pohon sekaligus buahnya yang kecil dan manis berwarna merah cerah. Di beberapa daerah, seperti di Jakarta, buah ini juga dinamai ceri. Dalam Bahasa Madura, buah ini disebut baleci. Nama-nama lainnya di beberapa negara adalah datilesaratilesmanzanitas (Filipina); mât sâm(Vietnam); khoom sômztakhôb (Laos); takhop farang (Thailand); krâkhôb barang (Kamboja); dan kerukup siam (Malaysia). Juga dikenal sebagai capulin blancocacaniquaniguaniguito (bahasa Spanyol); Jamaican cherryPanama berry, dan Singapore cherry (Inggris). Orang Belanda dulu menyebutnya Japanse kers (”ceri jepang”), yang lalu dari sini diambil menjadi kersen dalam bahasa Indonesia atau ada yang menyebutnya ceri.

Pohon kersen termasuk dalam tanaman Perdu atau pohon, tinggi sampai 12 m, meski umumnya hanya sekitar 3-6 m saja. Hijau abadi dan terus menerus berbunga dan berbuah sepanjang tahun. Cabang-cabang mendatar, menggantung di ujungnya; membentuk naungan yang rindang. Ranting-ranting berambut halus bercampur dengan rambut kelenjar; demikian pula daunnya. Daun-daun terletak mendatar, berseling; helaian daun tidak simetris, bundar telur lanset, tepinya bergerigi dan berujung runcing, 1-4 × 4-14 cm, sisi bawah berambut kelabu rapat; bertangkai pendek.

kersen memiliki kandungan yang sangat berkhasiat seperti vitamin, mineral, karbohidrat, lemak, serat, protein, beta-karoten, fosfor, kalsium, zat besi, niacin, riboflavin, thianin dan masih banyak lagi kandungan lainnya yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh 

Berikut Ini Manfaat Buah Kersen Untuk Kesehatan

  • Mengatasi diabetes 
Buah talok dapat dimanfaatkan untuk mengatasi diabetes, karena senyawa di dalam buah talok bermanfaat mengurangi kadar gula darah berlebihan.
  • Antioksidan
Buah ini memiliki jumlah vitamin C yang cukup banyak. Vitamin C itu menjadi antioksidan yang kuat untuk mencegah masuk angin, flu, dan bahkan penyakit kardiovaskular. 100 gram buah talok menghasilkan 150 mg vitamin C.
  • Anti-kanker

Salah satu studi menemukan adanya sifat anti-kanker pada pohon kersen, dengan ditemukannya flavonoid sitotoksik baru pada akar kersen.

  • Mengobati asam urat

Di Indonesia, buah kersen sering digunakan untuk mengobati asam urat. Buah kersen juga terbukti dapat mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh penyakit asam urat.

  • Antiseptik

Rebusan daun kersen dapat membunuh mikroba atau bisa digunakan sebagai antiseptik. Daun kersen terbukti bisa membunuh bakteri, termasuk: C. diphtheriae, S. aureus, P. vulgaris, S. epidermidis, dan K. Rhizophil. Sifat anti-bakteri itu berasal dari senyawa yang terkandung dalam daun kersen, seperti tanin, flavonoid dan saponin.

  • Menurunkan demam 
Rebusan dari daun buah kersen ini juga sangat baik untuk menurunkan deman, karena bermanfaat sebagai anti inflamsi. 
 
  • Mencegah terjadinya hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi juga bisa diatasi dengan memanfaatkan buah kersen ini. Anda hanya cukup merebus daun kersen ini dan menyeduhnya dengan menggunakan air panas. Lalu minumlah secara rutin dua kali dalam sehari-hari. Sampai tekanan darah tinggi anda turun. 

 

(Dari Berbagai Sumber)


TAGS kesehatan indonesia news obat herbal lifestyle kuliner


-

Search

Follow Me