Manfaat Buah Kurma Untuk Kesehatan

16 Nov 2015

Kurma , (Arab: تمر‎, Tamr; nama latin Phoenix dactylifera) adalah tanaman palma (Arecaceae) dalam genus Phoenix, buahnya dapat dimakan. Walaupun tempat asalnya tidak diketahui karena telah sejak lama dibudidayakan, kemungkinan tanaman ini berasal dari tanah sekitar Teluk Persia. Pohonnya berukuran sedang dengan tinggi sekitar 15-25 m, tumbuh secara tunggal atau membentuk rumpun pada sejumlah batang dari sebuah sistem akar tunggal. Daunnya memiliki panjang 3-5 m, dengan duri pada tangkai daun, menyirip dan mempunyai sekitar 150 pucuk daun muda; daun mudanya berukuran dengan panjang 30 cm dan lebar 2 cm. Rentangan penuh mahkotanya berkisar dari 6-10 m.

Kandungan Gizi Buah Kurma

Nilai nutrisi per 100 g (3.5 oz)
 
Energi 1,180 kJ (280 kcal)
Karbohidrat 75 g
- Gula 63 g
- Serat pangan 8 g
Lemak 0.4 g
Protein 2.5 g
Air 21 g
Vitamin C 0.4 mg (1%)
Manganese 0.262 mg
Persentase merujuk kepada rekomendasi Amerika Serikat untuk dewasa.
Sumber: Data Nutrisi USDA

 

Berikut Ini Khasiat Buah Kurma Untuk Kesehatan

  • Mencegah alergi

Buah kurma mengandung sulfur organic yang dapat bermanfaat untuk mencegah reaksi alergi.

  • Menjaga kesehatan tulang dan gigi

Buah kurma mengandung senyawa yang sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan tulang dan gigi, hal ini dikarenakan buah kurma memiliki kandunan mineral, kalsium, magnesium, mangan, selenium dan tembaga.

Buah kurma kaya akan kandungan vitamin K dan vitamin B kompleks, vitamin B kompleks terdiri dari niacin, asam pantotenat dan juga riboflavin. Kandungan tersebut dapat bermanfaat dalam membantu tubuh untuk mengatur metabolisme, karbohidrat, lemak dan juga protein.

  • Menjaga fungsi syaraf dan otak

Kandungan buah kurma terdiri dari nutrisi dan vitamin, kedua kandungan ini sangat bermanfaat untuk menjaga fungsi syaraf dan otak sehingga system syaraf mampu merespon dengan cepat ke otak. Maka dengan begitu, aktivitas otak akan lebih cepat dalam berpikir.

  • Mencegah anemia

Gejala anemia disebabkan karena tubuh mengalami kekurangan asupan zat besi, zat besi merupakan komponen hemoglobin yang terdapat pada sel darah yang dapat menentukan kapasitas oksigen pembawa darah. Buah kurma memiliki kandungan zat besi sekitar 0,90 miligram, sehingga sangat efektif dalam mencegah anemia atau kurang darah.

  • Dapat mencegah resiko terkena stroke

Buah kurma memiliki kandungan yang sangat bermanfaat dalam mencegah stroke, hal ini dikarenakan kandungan buah kurma dapat menurunkan tekanan darah tinggi dengan sangat cepat. Karena jika tekanan darah terlalu tinggi dapat merusak pembuluh darah, akhirnya dapat mengakibatkan stroke.

  • Mencegah penyakit jantung

Kandungan kalium yang terdapat pada buah kurma, sangat ampuh dalam membantu mengendalikan denyut jantung dan juga tekanan darah. Sehingga keehatan jantung akan tetap terjaga dan terhindar dari penyakit jantung seperti jantung koroner.

  • Melancarkan buang air

Buah kurma memiliki kandungan yang sangat berkhasiat untuk melancarkan buang air besar, selain itu juga dapat berkhasiat untuk melancarkan buang air kecil dan mencegah kencing batu.

  • Menjaga kesehatan mata

Buah kurma kayak an kandungan vitamib A dan memiliki kandungan beta-karoten yang sangat efektif dalam menjaga kesehatan mata dan mencegah mata rabun.

  • Menjaga system kekebalan tubuh

Buah kurma selain enak tetapi juga sangat bermanfaat untuk menjaga system kekebalan tubuh, hal ini dikarenakan buah kurma mengandung antioksidan yang cukup kuat sehingga dapat melawan serangan radikal bebas dan menangkal serangan virus dan bakteri di dalam tubuh

(Dari Berbagai Sumber)


TAGS kesehatan kuliner buah buahan obat tradisional indonesia lifestyle tutorial


-

Search

Follow Me